Rabu, 13 Maret 2013

TAHAP MENCARI DATA ADALAH TAHAPAN YANG PALING SULIT DALAM PENGERJAAN TUGAS AKHIR? #KAPITA SELEKTA



Tugas Akhir??? Inilah mata kuliah yang membuat mahasiswa memiliki penyakit baru (galau + pusing-pusing) untuk menyelesaikannya. Nah, tugas akhir ini menjadi pencak perjuangan dari seluruh perkuliahan yang telah dialami oleh seorang MAHASISWAMahasiswa dituntut untuk memberikan semua potensinya baik tenaga, ilmu, waktu,dll agar mencapai puncak pencapian akhir yang berakhir bahagia. Tugas akhir ini merupakan sebuah mata kuliah yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa berupa hasil tertulis dari sebuah penelitian. Penelitian ini dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku sesuai dengan ilmu yang telah dipelajari. Tugas akhir ini dilakukan oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing menjelang akhir studinya.
 
Apa saja tahapan-tahapan dalam menulis Tugas Akhir?  Pertama, kita harus mencari tema yang sesuai dengan minat kita dan merupakan sebuah penelitian yang benar-benar berguna bagi pembaca dan amsyarakat serta dapat memberikan informasi untuk mereka. Tema ini menjadi hal yang paling utama dalam sebuah penelitian Tugas akhir. Dari Tema ini nantinya akan menjadi sebuah judul yang merepresentasikan mengenai hal-hal yang terkandung dalam penelitian tersebut. Judul harus dibuat tidak hanya menarik untuk dibaca, tetapi harus tepat pula. Judul dalam Tugas Akhir tersebut tidak boleh memiliki makna ganda atau ambigu.
 
 

Kedua, adalah membuat isi Tugas Akhir. Untuk format isi Tugas Akhir Teknik Industri ITS adalah:
 
BAB I : PENDAHULUAN
 
Bagian ini menjelaskan latar belakang masalah yang menjadi dasar melakukan penelitian, perumusan masalah, tujuan dilakukannya penelitian ini, ruang lingkup yang berisi batasan dan asumsi yang digunakan dalam penelitian, serta manfaat yang akan dicapai dalam penelitian .
 
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
 
Bagian ini mengandung deskripsi teoritis mengenai objek permasalahan, kerangka teori dan konseptual yang akan dijadikan landasan penelitian dan hasil penelitian lain yang diperoleh dari sumber referensi untuk menyusun kerangka teori dan konseptual . Selain itu, juga terdapat kesimpulan mengenai kajian berupa argumentasi yang telah diajukan. Dengan adanya tinjauan pustaka, dapat mengatasi gap yang terjadi antara kondisi eksisting dengan landasan teori yang terkait sehingga terwujud penyelesaian masalah dan tercapainya tujuan penelitian yang diinginkan.
 
BAB III : METODOLOGI PENELITIAN
 
Bagian ini mencakup tahapan-tahapan proses penelitian yang dilakukan dalam melakukan penelitian termasuk formulasi dan pengembangan model serta kerangka berpikir dan instrument penelitian yang nantinya dapat menemukan solusi utnuk mendapatkan kesimpulan penelitian.
 
BAB IV : PENGUMPULAN DAN PENGOLAHAN DATA
 
Bagian ini menjelaskan macam sumber dan cara-cara pengumpulan dan pengolahan data primer maupun sekunder, teknik dan alat pengolahan data, teknik analisis, komparasi, pembobotan.
 
BAB V : ANALISIS DAN INTERPRETASI DATA
 
Bagian ini memaparkan hasil analisis serta proses sensitivitas dari instrument yang dipilih, model yang dipergunakan dan dikembangkan setelah parameter maupun data penelitian sudah didapatkan. Selain itu, bab ini mencakup analisis implikasi teoritis atau praktis terhadap objek penelitian yang diperoleh dari output penelitian.
 
BAB VI : PENUTUP 
 
Bagian ini berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan ini menjawab sebuah tujuan dari penelitian serta rekomendasi dari penelitian. Saran ini berupa opini yang disampaikan untuk memperbaiki kekurangan atau kekeliruan dari penelitian tersebut.

Apakah tahapan yang paling sulit dalam pengerjaan Tugas Akhir adalah tahapan Pencarian Data? Nah, untuk sebagian orang membenarkan hal ini, tetapi berdasarkan sumber yang saya wawancarai, banyak orang mengatakan bahwa menentukan tema dan memilih topik ide untuk Tugas Akhir adalah yang paling sulit. Apabila, tema tersebut tidak sesuai dan tidak merepresentasikan dengan kondisi sekitar, maka dalam pengerjaan Tugas Akhirpun akan tersendat. Apabila sudah mendapatkan tema dan judul yang jelas, maka untuk pengerjaan Tugas Akhir akan menjadi lebih mudah.  
Untuk pencarian dan pengumpulan data ini dapat dilakukan melalui observasi ke objek penelitian, wawancara, searching di internet, buku, dll. Dan yang terpenting dari tahapan ini semua adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, bekerja keras serta memiliki tekad yang kuat untuk menyelesaikan Tugas Akhir yang akan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

 
 
Referensi :
Ahira.com, A., n.d. Contoh Proposal Tugas Akhir. [Online] Available at: http://www.anneahira.com/contoh-proposal-tugas-akhir.htm [Accessed 7 September 2012].
ITS, T.I., n.d. Kerja Praktek. [Online] Available at: http://www.ie.its.ac.id/file/TAKP.pdf [Accessed 7 September 2012].
keperawatan, k.k.d.k., 2012. Pengertian Tugas Akhir dan Skripsi. [Online] Available at: http://kti-akbid.blogspot.com/2012/06/pengertian-tugas-akhir-dan-skripsi.html [Accessed 7 September 2012].

Tidak ada komentar:

Posting Komentar